Tuesday, 20 December 2016

Cara Menghindari Kerusakan Pada Flashdisk Saat Melepaskannya Dari Perangkat Komputer


Flashdisk merupakan sebuah media yang berguna sebagai tempat penyimpanan data yang paling banyak digunakan oleh orang saat sekarang ini. Flashdisk ini memiliki bentuk/ukuran yang kecil dan praktis namun walaupun kelihatan kecil, flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar sehingga pengguna tidak perlu repot-repot membawa laptop atau hardisk eksternal kesana-sini hanya untuk memindahkan data.

Hingga saat sekarang ini kapasitas penyimpanan flashdisk semakin besar bahkan ada yang sampai 1 TB atau setara dengan 1000 GB. Dengan begit, hal ini bisa memungkinkan pengguna nya menyimpan dengan praktis seluruh file-file digital seperti data, music, video, foto dsb kedalam sebuah flashdisk.

Namun walaupun begitu, secanggih apapun teknologi pada sebuah flash drive jika dalam menggunakan nya tidak benar, maka resiko kerusakan juga bisa terjadi. Salah satu hal yang spele yang bisa membuat flashdisk ini ini rusak adalah melepas flashdisk dari komputer/laptop tanpa melakukan "safely remove hardware". Jika hal kecil seperti ini dilakukan terus menerus tentu saja bisa membuat flashdisk tersebut rusak dan resiko terbesarnya adalah kamu akan kehilangan data secara permanen.

Fungsi dari safely remove hardware adalah menghentikan seluruh proses bekerja dari flashdisk sebelum dicabut dari sebuah komputer. Sehingga dengan melakukan proses ini data didalamnya aman dan terhindar dari segala kerusakan, Dan inilah alasan mengapa pentingnya melakukan safely remove hardware sebelum melepas flashdisk dari komputer/laptop.

Maka dari itu agar semua data kamu yang ada di Flashdisk aman, sebaiknya kamu harus mengetahui cara melepas/mencabut perangkat flashdisk dengan baik, benar dan tentunya aman.

Langkah-langkah Melepas Flashdisk Dengan Melakukan Safely Remove Hardware

Setelah kita mengetahui dampak atau resiko bahaya melepas flashdisk secara langsung, sebaiknya ikuti langkah-langkah cara aman melepas flashdisk dari komputer atau laptop dengan benar berikut ini.

Sebenarnya cara melepas flashdisk dari komputer bisa anda lakukan dengan dua cara, kamu bisa memilih cara mana yang dirasa lebih mudah. Karena kedua cara ini memiliki fungsi yang sama, untuk lebih jelasnya simak cara berikut:

1.Cara Pertama
  • Buka my computer
  • Klik kanan flashdisk yang akan dilepas
  • Klik "Eject"

2.Cara Kedua
  • Klik icon segitiga (show hidden icon) di system tray
  • Klik kanan icon usb (safety remove hardware and eject media)
  • Kemudian silahkan Klik "Eject Mass Storage Device"

Nah itulah dua cara melepaskan flahsdisk dari komputer dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat...
Cara Menghindari Kerusakan Pada Flashdisk Saat Melepaskannya Dari Perangkat Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Herlizon Susanto

0 comments:

Post a Comment