Saturday, 7 May 2016

Paduan Membuat Saringan Air Sederhana Di Rumah


Saringan air memang sangat di butuhkan oleh masyarakat yang hidup di pinggiran kota ataupun di pedesaan yang tidak mempunyai sumber air bersih. Saringan air ini di gunakan untuk menyaring air yang keruh atau kotor agar menjadi bersih dan layak di gunakan. Selain menjadikan air bersih penyaringan juga di lakukan agar air tidak berbau. Sehingga membuat nyaman dalam penggunaanya seperti mencuci sayur-sayuran, mencuci piring, mencuci pakaian mandi dan kebutuhan lainnya.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat saringan air sederhana agar bisa di gunakan untuk menyaring air yang akan di gunakan untuk kebutuhan sehari-sehari. Sebenarnya saringan air ini sudah banyak yang menjualnya di pasaran. Akan tetapi untuk menghemat biaya pengeluaran tidak ada salahnya untuk membuat saringan air sendiri di rumah.

Untuk membuat saringan air ini tidak terlalu sulit dan lebih hebatnya lagi bahan-bahan nya sangat di dapatkan. Dan sebelum memulai membuat saringan sederhana ini silahkan siapkan terlebih dahulu alat-alatnya seperti yang tertulis di bawah ini:

-Ember/Bak penyaring
-Kerikil
-Pasir Halus
-Ijuk
-Arang
-Batu
-Kain

Jika semua bahan di atas telah di lengkap, sekarang kita akan mulai membuat saringan sederhana tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah dan urutan bahan yang di gunakan untuk menyaring air agar menjadi bersih.



Keterangan gambar:

1.Kerikil
Kerikil pada saringan akan berfungsi sebagai penyaring kotoran-kotoran kasar

2.Ijuk
Ijuk berfungsi sebagai penyaring kotoran-kotoran halus

3.Pasir halus
Pasir halus ini berguna untuk menyaring kotoran-kotoran halus yang masih lolos dari ijuk

4.Ijuk lapisan ke-2
Ijuk lapisan kedua ini selain berfungsi menyaring kotoran juga berfungsi sebagai media penahan pasir halus agar tidak lolos ke lapisan bawahnya

5.Arang
Arang di gunakan sebgai penghilang bau air, kalian bisa menggunakan arang dari batok kelapa

6.Kain
Kain ini adalah sebgai lapisan penyaringan terakhir, agar bahan-bahan di atas tidak terbawa ke bak penampungan.

7.Kerikil/Batu berukuran sedang
Yang paling bawah silahkan di isi dengan kerikil/batu, batu ini akan berfungsi sebagai celah agar air dapat mengalir dengan lancar ke lubang/kran yang telah di sediakan.

Demikian cara membuat saringan air sederhana untuk kebutuhan sehari-hari. Cara ini sudah saya coba sendiri dan terbukti berhasil membuat air yang kotor dan bau menjadi bersih dan layak pakai. Dan jika ada cara menyaring air yang lebih seimple dari sabahat sekalian silahkan tulis di kolom komentar. Agar teman-teman yang membutuhkan bisa memilih cara yang tepat untuk menyaring airnya.
Paduan Membuat Saringan Air Sederhana Di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arrian Net

0 comments:

Post a Comment