2020-02-28

Bagaimana Cara Print Kertas F4 Agar Tidak Terpotong





Cara arrian – Bagi kamu yang bekerja di kantor seperti kantor pemerintahan, Kantor Sekolah, maupun kantor swasta, tentunya mengenal yang namanya printer. Karena dengan printer kita bisa mencetak dokumen-dokumen atau surat-surat yang telah dibuat di komputer sebagai bahan laporan ataupun hanya sekedar dijadikan arsip. Dengan begitu penggunaan kertas untuk urusan cetak mencetak sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi pekerja kantoran. Kertas yang umum digunakan saat ini adalah kertas jenis HVS (Houtvrij Schrijfpapier) yang berasal dari bahasa Belanda, yang artinya ialah Kertas Tulis Bebas Serat Kayu.

Kertas HVS ini hadir dalam berbagai ukuran, namun yang selalu digunakan di Indonesia hanya beberapa jenis saja. Maka dari itu mengetahui informasi masing-masing ukuran kertas merupakan hal yang wajib bagi untuk memastikan dokumen yang telah dibuat tercetak dengan benar. Selain itu merupakan suatu hal yang bijak, karena akan meminimalisir penggunaan kertas terbuang sia-sia. Jenis ukuran kertas HVS yang sering kita jumpai saat mem-print dokumen seperti , Ukuran kertas A4, Ukuran Kertas F4/Folio, Ukuran Kertas Letter, Ukuran Kertas Legal dll.

Pada pembahasan kali ini saya khusus membahas permasalahan Ukuran Kertas F4 saja. Untuk ukuran kertas lain akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Permasalah yang sering terjadi disaat print Kertas Ukuran F4 atau Folio adalah hasil halaman terpotong sehingga ada beberapa paragraf atau bagian kalimat yang hilang. Selain mengatur ukuran kertas F4 pada halaman Ms Word atau Mic Exel, maka anda juga harus melakukan setting printer dengan ukuran kertas F4/Folio.

Mungkin ada sebagian dari kita tidak menyadari bahwa untuk ukuran kertas F4 Folio tidak tercantum pada daftar kertas Ms word maupun Ms Excel, sehingga mengharuskan untuk melakukan pengaturan kertas terlebih dahulu (custom) agar tampilan dan hasil print dokumen sesuai yang diinginkan. Hal yang membuat hasil print terpotong atau tidak sesuai ialah menganggap Ukuran kertas Legal sama dengan ukuran F4 dan ukuran Letter sama dengan A4 hal itu tidaklah benar dan sangat keliru. F4, Legal, Letter, dan A4 merupakan ukuran nya berbeda.

Nah berikut merupakan tutorial cara print kertas F4 / Folio agar tidak terpotong :

1. Sebelum mulai mengetik silahkan atur terlebih dahulu ukuran kertas yang akan digunakan di Ms word dengan cara Klik Page Layout -> Size -> More Paper Size -> Custom Size -> Masukan ukuran kertas.

Bagaimana Cara Print Kertas F4 Agar Tidak Terpotong

  • Ukuran kertas F4 dalam inchi = 8,5 x 13
  • Ukuran kertas F4 dalam CM = 21,5 x 33 
  • Ukuran kerta F4 dalam mm = 215 x 330
2. Untuk melakukan print dokumen silahkan tekan Ctrl + P pada keyboard PC atau laptop.

Bagaimana Cara Print Kertas F4 Agar Tidak Terpotong

3. Kemudian pilih Properties => Printer Paper Size => Custom => lalu masukan ukuran kertas F4. untuk Width: 215 mm dan Height: 330 mm.

4. Untuk memulai print silahkan klik OK dan lihat hasilnya.

Jadi Inti dari tutorial diatas ialah selain melakukan setting kertas pada halaman kerja microsoft word, kita juga diharuskan mengatur ukuran kertas pada saat melakukan printer agar hasil cetak dokumen sama dengan yang ada di Microsoft Word maupun Excel.
Judul: Bagaimana Cara Print Kertas F4 Agar Tidak Terpotong; Ditulis oleh Herlizon Susanto; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar